Berita kami

Edukasi Anak SDN 01 Karangkendal serta Perayaan Hari Anak Nasional

24 July 2024 INFORMASI

Karangkendal, 23 Juli 2024 - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Institut Pertanian Bogor (IPB) telah sukses menyelenggarakan program "Edukasi Anak SDN 01 Karangkendal serta Perayaan Hari Anak Nasional" yang berlangsung pada hari Senin, 15 Juli 2024, Kamis, 18 Juli 2024, dan Selasa, 23 Juli 2024 di SDN 01 Karangkendal. Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 hingga 10.00 WIB ini diikuti oleh seluruh siswa SDN 01 Karangkendal, mulai dari kelas 1 hingga kelas 6.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak desa Karangkendal melalui peningkatan pemahaman tentang konsep dasar sains serta pengembangan keterampilan berpikir kritis dan analitis. Kegiatan ini melibatkan anak-anak kelas 1 hingga kelas 6 dan dilaksanakan dalam tiga sesi pertemuan. Setiap sesi menyajikan materi yang berbeda mengenai bahasa inggris, sains, matematika, alam, kelas kreatif, hingga mini games. Pendekatan yang digunakan meliputi penjelasan konsep dasar sains, diskusi interaktif, serta kegiatan praktis.

Hasil dari kegiatan ini menunjukkan tingkat kehadiran dan partisipasi anak-anak yang konsisten dalam setiap sesi. Selain itu, terjadi perkembangan keterampilan berpikir kritis dan analitis yang diukur melalui tugas-tugas dan kegiatan selama program berlangsung.

Pak Eko, salah satu guru di SDN 01 Karangkendal, memberikan tanggapannya, "Saya berterima kasih kepada teman-teman mahasiswa KKN IPB University yang sudah memberikan pembelajaran kepada anak-anak kami. Harapannya semoga apa yang diajarkan dapat tersampaikan ke anak-anak dan bermanfaat bagi mereka."

Dengan adanya program edukasi ini, diharapkan anak-anak di Desa Karangkendal dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang sains dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis serta analitis, yang akan bermanfaat bagi masa depan mereka.

BAGIKAN ARTIKEL INI